Kamis, 22 Mei 2014

Puring Naik Kasta

Puring (Codiaeum variegatum) yang dulu dikenal sebagai tanaman kuburan kini telah berubah image menjadi tanaman hias outdoor yang cukup indah. Hadirnya puring impor menambah semarak jenis-jenis baru yang mejeng di pameran tanaman hias. Belum lagi ditambah puring hasil silangan baik yang silangan lokal maupun silangan mancanegara. wal hasil puring lokal yang biasa nongkrong di makampun kini naik tahta, paling tidak selalu laris manis sebagai tanaman penghias lansekap, taman kota, perumahan dan pajangan baik indoor maupun outdoor.
Salah satu jenis puring yang jadi primadona adalah puring kura-kura. Bentuk daun yang mirip karkas kura-kura ini mampu mencuri perhatian banyak hobiis tanaman hias.

Asiknya memelihara puring adalah karena warnanya mencolok dan beragam dari mulai hijau, kuning, jingga, merah, sampai merah gelap. Selain itu perawatannya cukup mudah, mau ditaruh ditempat teduh maupun panas tetep oke. Seperti puring kura-kura yang atas berdaun lebih lebar namun warna kurang mencolok karena ditempatkan di tempat teduh yaitu teras rumah. Sedangkan foto yang bawah daun lebih sempir namun warna sangat mencolok karena ditempatkan di tempat panas terbuka full.
Puring lain yang jadi incaran hobiis adalah puring oscar.

Puring ini saya perbanyak dengan mencangkok, walaupun sebenarnya mudah juga diperbanyak melalui stek batang. Video perbanyakan puring dengan pencangkokan dapat dilihat melalui link berikut: Cangkok Puring

Jenis puring yang paling saya sukai adalah puring apel, selain bentuk daunnya yang bundar, warna daunnyapun sangat manis dilihat karena dominan merah.
Sebenarnya puring lokalpun tak kalah menarik. Justru dengan harga yang lebih terjangkau, permintaan akan puring lokal untuk tanaman lansekap lumayan banyak. Jenisnyapun sangat beragam hingga kadang sampai bingung menghafalkan nama-namanya dan tak jarang mempunyai sebutan yang berbeda di lain daerah. Ada puring telor, keris, kirana, sakura dsb.




Jika bingung mengoleksi banyak puring karena makan tempat, bisa kok disiasati dengan cara menyambung (mengenten) berbagai varian puring pada satu tanaman utama.


Puring sambungan seperti foto di atas sering dinamakan puring combi. Foto yang pertama adalah sambungan puring kirana dengan puring jet. Sedangkan foto kedua, sebagai batang bawa saya gunakan puring tokek, yang saya sambung dengan empat varian puring yaitu puring jet, keris, jari dan sakura.
Video cara menyambung puring dapat dilihat pada link berikut: Enten Puring

Semoga tulisan ini bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar